I. CARA MENGGUNAKAN GOOGLE CALENDER
Bukalah https://www.google.com/calendarLogin, Masukkan username dan password anda, kemudian kita akan dibawa ke halaman dashbor google kalenderKlik klik aja yang biru, biar kita ngerti dikit.. Setelah, klik klik yang biru diatas, Maka Google Kalender siap untuk digunakan
4. Cara Menggunakan yaitu Tentukanlah waktu yang ingin
anda jadwalkan, katakanlah disini, saya akan membuat jadwal kuliaht pada hari senin
jam 7. Maka, saya akan klik pada persilangan antara hari senin dan pukul
7, seperti gambar berikut
5. Untuk melengkapi informasi pada
agenda saya, maka saya akan klik edit event,
- Kemudian mengisi apa apa saja yang diperlukan, seperti waktu, kemudian tempat acara, lalu penjelasan acara
Jika sudah, klik save, bagian atas berwarna merah.
Mempublikasikan Kalender di Blog yaitu klik gear
stelan yang ada di sudut kanan atas, pilih settings
7. Pilih Tab kalender, kemudian klik
nama kalender
8. Kemudian, Copy script kalender
yang diberikan, , jika ingin mengcostumizenya, klik pada sesuaikan warna,
ukuran dan opsi lainnya
9. Lalu, Login ke blog anda, buat
artikel baru, dan pilih di bagian HTML, bukan
Compose. Pastekan scriptnya di
HTML. Kemudian lihatlah postingannya.
10. Jika keluar kalimat "acara dari
satu atau beberapa kalender tidak dapat ditampilkan disini karena anda tidak
memiliki izin untuk melihatnya" cukup kunjungi lagi stelan ubah di bagian
bagi-pakai kalender ini,
11. Jadikan kalendernya kalender umum.
Selamat mencoba…
II. CARA MENGGUNAKAN GOOGLE DRIVE
1. Bukalah google.com dan login
2. Pilih aplikasi di sebelah kanan atas, lalu pilih gogle drive
3.
Maka akan masuk ke akungoogledrive anda.
4.
Pilih menu ‘BUAT’ yang berwarna merah
untuk membuat file baru maupun folder baru.
5. Pilih salah satu, contohnyakita akan membuat sebuah documen.
Pilih documen, lalu akan muncul tampilan seperti berikut
6.
Ganti
judul dari document tersebut di sebelah kiri atas.
Cara
menggunakannya hamper sama seperti microsft word
7.
Akan tampil seperti ini, lalu isikan
judul sesuai keinginan anda.
8. Jika documen anda inginanda bagikan kepada orang lain, pilih
menu file, pilih menu bagikan.
9.
Akan tampil sebagai berikut, pilih
lanjutkan untuk menyetel
10.
Maka akan tampil setelan berbagi anda.
Pilih siapa saja orang yang dapat mengakses file anda, dengan mengklik “ubah”,
seperti berikut
11.
Pilih sesuai keinginan anda, lalu simpan
12.
Undang orang orang. Dengan mengisikan
e-mail si klm yang telah tersedia.
13.
Undangan dapat lebih dari satu orang.
Dan anda juga dapat mengatur akses orang undangan terhadap document anda.
Apakah orang itu dapat mengedit, hanya melihat, ataupun hanya komentar. Jika
sudah, simpan perubahan.
14. Jika ingin mengunduh documen, pilih menu File lalu pilih
format yang ingin anda pilih
15.
Conth, kita akan mengunduh dengan format
.doc
III. CARA MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN GMAIL
2. Selanjutnya Anda klik Buat Akun
atau “Create an Account” untuk membuat Akun Gmail baru
3. Kemudian akan muncul formulir yang
masih kosong dan Anda harus mengisinya dengan lengkap sesuai dengan nama dan
profil Anda, berikut panduan untuk mengisi formulir yang masih kosong.
·
Nama
Depan :
Silahkan Anda tulisakan nama depan Anda
·
Nama
Belakang : Silahkan
Anda tuliskan nama belakang Anda
·
Nama
Masuk Log Yang Diinginkan
: Anda wajib mengisi formulir ini, karena bagian ini sangat penting jika Anda
ingin membuka atau log-in kedalam Gmail Anda dan jika anda telah menulis nama
Log yang diinginkan, silahkan kalian klik cek ketersediaan untuk mengecek
apakah nama log yang anda tuliskan tersedia atau tidak. jika tidak ganti dengan
nama lain
·
Buat
Sandi : Masukan
password yang Anda inginkan, harus serahasia mungkin.
·
Masukan
Kembali Sandi :
Masukan password yang sama seperti di atas.
·
Tanggal
lahir : masukkan
bulan, hari dan tahun anda lahir
·
Gender
: pilih jenis kelamin anda
·
Mobile
Phone : masukkan
untuk kode verifikasi
·
Email
Pemulihan : Abaikan
saja dan jangan diisi.
·
Captcha
: Silahkan masukan kode verifikasi
pada kolom yang telah tersedia.
4. Beri tanda cheklish, lalu next step
5. Pilih continue, akan tampil
verifikasi account. Kode akan dikirimkan ke nomer hp anda. Lalu isikan kode di
tempat yang disediakan.
6. Setelah kode di isikan pilih
continue, lalu akan tampil seperti berikut
7. Bila anda ingin bergabung dengan
google +, klik “create your profile”. Bila tidak klik “no thanks”
Tambahkan foto anda dengan mengklik
“add a photo”. Lalu akan tampil seperti berikut
8. Anda sudah dapat menggunakan fitur
fitur google. Seperti google+, gmail, youtube, google kalender dengan satu akun
anda sendiri. Tampilan gmail anda
9. Jika ingin mengirim pesan, pilih
menu compose yang berwarna merah. Maka akan tampil kotak pesan di kanan bawah.
10.
Ketik alamat email yang akan anda kirim
pesan di “to”, berikan judul di “subject” dan isikan pesan anda di kolom yang
lebih besar. Jika sudah, pilih “send”.
IV. CARA MENGGUNAKAN GOOGLE +
1.
Buka google.com
Lalu
login akun google anda. Lalu pilih aplikasi, dan pilih google+.
Maka
akan tampil seperti berikut
2.
Jika ingin melihat profile,
teman,foto,dll klik pada bagian kiri “home” akan muncul seberti berikut
3. Jika anda ingin mengepost status anda, photo, video, link,
ataupun yang lainnya, klik pada bagian “share what’s new”. Maka tampil
4.
Atur siapa saja yang dapat melihat post
anda. Jika sudah, pilih “share”
5.
Maka post anda telah terposting.
Selamat mencoba …
V. CARA MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS
1.
Buka www.google.com
3.
Maka akan tampil seperti berikut
4. Cara mencari lokasi, hanya dengan mengetikkan tempat apa yang
ingin anda cari. Contohnya, apotik Kimia Farmasi di kota Malang. Maka akan
tampil seperti berikut.
5.
Jika ingin meng-zoom in atau zoom-out,
kita hanya mengarahkan kursr kita ke sbelah kanan bawah. Disana ada symbol
(+)(-).(+) untuk zoom-in dan (-) untuk zoom-out.
6. Jika
ingin melihat tampilan yang lebih detail, klik sebelah kiri bawah. Maka akan
tampilseperti berikut
7.
Jika ingin mengetahui rute jalan ataupun
pejunjuk arah, dengan memilih menu dengan gambar panah “petunjukarah”
8.
Maka akan tampil seperti berikut.
Jalanberwarna biru adalah rute dari tempatkita berada hingga ke tempat tujuan.
Selamat
mencoba
VI. CARA MENGGUNAKAN FACEBOOK
2.
Isikan user name/ email
dan juga password. Lalu pilih “masuk”
3. Maka,
akan masuk ke akun anda, tepatnya pada beranda seperti berikut.
4. Jika
anda ingin melihat profile/ kronologi anda, pilih bagian yang tertera foto
ukuran kecil anda yang bertulis nama depan facebook anda. Bersebelahan dengan
beranda.
5. Jika
andaingin berbagi status, foto, ataupun yang lainnya, tinggal pilih di kotak
kosong. Jika anda ingin berbagi status, pilih di bagian “status”, begitu
seterusnya. Anda juga dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat updatetan
anda. Seperti berikut
6. Maka
apa yang anda upload, akan munculseperti berikut
7. Jika
anda ingin mengirimkan pesan kepadateman anda, pilih di deretan sebelah kiri.di
sana terdapat menu “pesan”. Pilih
8. Maka
akan tampil seperti berikut. Cari siapa teman yang akan dikirim pesan, lalu
ketikkan pesan anda dan kirim.
9. Jika
anda ingin keluar dari akun facebook, pilih di sebelah kanan atad tanda panah
ke bawah, lalu pilih keluar.
Selamat mencoba
VII. CARA MENGGUNAKAN TWITTER
1.
Buka twitter.com
2.
Masukkan username/ email akun anda
3.
Masukkan kata sandi. Setelah itu masuk
4.
Maka akan tampil beranda akun twitteranda.
5.
Jika ingin melihat pemberitahuan tentang twitter
anda, klik notifikasi. Maka tampilannya akan seperti berikut
6. Jika
ingin membalas tweet dari rekan anda, pilih balas, tulis balasan anda dan
kirim. Dan jika anda ingin mengupload sesuatu, pilih tanda biru sebelah kanan
atas
7.
Maka akan tampil sebagai berikut. Ketikkan atau
tambahkan foto dan lokasi. Ika sudaaah, pilih tweet.
8.
Jika anda menyukai uploadan dari orang lain,
anda bisa memfavoritkannya ataupun meritweet.
9.
Maka muncul kolom seperti berikut. Pilih retweet
Jika ingin masuk/ log in, pilih geer belah kanan
atas, lalu pilih keluar
Selamat mencoba
Tidak ada komentar:
Posting Komentar